Terima Kasih Telah Berkunjung
http://catatanku-11.blogspot.co.id/

Jenis Kepiting Bakau dan Tingkah Lakunya


Menurut Kanna (2002), kalau dilihat secara sepintas ketiga spesies tidak tampak perbedaannya. Tetapi jika diamati lebih teliti perbedaan ketiga spesies kepiting akan tampak dengan jelas.
1. Scylla serrata

Spesies Scylla serrata memiliki warna relatif sama dengan warna lumpur, yaitu cokelat kehitam-hitaman pada karapasnya dan putih kekuning-kuningan pada abdomennya. Pada propodus bagian atas terdapat sepasang duri yang runcing dan 1 buah duri pada propodus bagian bawah. Selain itu habitat kepiting bakau spesies ini sebagian besar di mangrove di perairan Indonesia.
2. Scylla tranquebarica
Spesies Scylla tranquebarica memiliki warna hijau tua dengan kombinasi kuning sampai orange pada karapasnya dan putih kekuning-kuningan pada bagian abdomennya. Pada propodus bagian atas terdapat sepasang duri, tetapi tidak terlalu runcing dan 1 buah duri yang tumpul pada abdomen bagian bawah.
3. Scylla oceanica
Spesies Scylla oceanica lebih didominasi dengan warna coklat tua dan ukuran badannya jauh lebih besar dari pada spesies yang lain (Gambar 4). Dengan capit yang lebih panjang, maka spesies kepiting ini lebih cepat memburu makanan. Namun, harga spesies kepiting ini lebih rendah dibandingkan dengan spesies kepiting yang lain sehingga petani tidak terlalu suka membudidayakannya. Kepiting ini biasa ditemukan di perairan Afrika dan Laut Merah (The Red Sea).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar