Terima Kasih Telah Berkunjung
http://catatanku-11.blogspot.co.id/

PENGENALAN ALAT-ALAT LABORATORIUM

1.      Pengenalan alat-alat laboratorium
          Sebelum mulai melakukan praktikum di laboratorium, praktikan harus mengenal dan memahami cara penggunaan semua peralatan dasar yang biasa digunakan dalam laboratorium kimia. Selain itu juga harus tahu cara menggunakannya dengan teknik dan prosedur yang benar. Walaupun mungkin sudah mengenal alat yang sejenis, tetapi perlu diingat bahwa tiap-tiap alat terkadang mempunyai prosedur yang telah ditentukan oleh pabrik pembuatnya. Untuk memudahkan mengenal alat kimia, digunakan pengelompokan yang umum dipakai yaitu peralatan gelas dan peralatan non gelas. Setelah mengenal jenis-jenis peralatan, maka praktikan perlu mencoba untuk menggunakannya.
-        Peralatan gelas
      Hampir semua eksperimen dengan bahan kimia dilakukan menggunakan peralatan gelas.Gelas memiliki banyak keuntungan dalam eksperimen kimia. Gelas tidak hanya bersifat non reaktif tetapi juga dapat menyajikan pengamatan visual selama reaksi berlangsung. Tetapi gelas dapat mudah pecah dan hal ini dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Luka terpotong atau tergores dari pecahan peralatan gelas merupakan salah satu luka yang sangat sering terjadi di laboratorium.

-        Peralatan non gelas
      Selain alat-alat yang terbuat dari gelas banyak juga peralatan di laboratorium kimia yang terbuat dari bahan non gelas. Peralatan tersebut antara lain rak tabung reaksi, penjepit tabung, statif beserta klem dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar